-->

Iklan

Slider

COTRIMOXAZOLE Syrup (Trimethoprim, Sulfamethoxazole)

MieKuah
01 February 2014, February 01, 2014 WIB Last Updated 2014-03-18T05:23:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

COTRIMOXAZOLE SYRUP
 
Komposisi
Tiap 5 ml suspensi mengandung 40 mg trimetoprim dan 200 mg sulfametoksazol.

Cara Kerja
Cotrimoxazole adalah bakterisid yang merupakan kombinasi sulfametoksazol dan trimetoprim dengan perbandingan 5 : 1. Kombinasi tersebut mempunyai aktivitas bakterisid yang besar karena menghambat pada dua tahap biosintesa asam nukleat dan protein yang sangat esensial untuk mikroorganisme. Cotrimoxazole mempunyai spektrum aktivitas luas dan efektif terhadap bakteri gram-positif dan gram-negatif, misalnya Streptococci, Staphylococci, Pneumococci, Neisseria, Bordetella. Klebsiella, Shigella dan Vibrio cholerae. Cotrimoxazole juga efektif terhadap bakteri yang resisten terhadap antibakteri lain seperti H. influenzae, E. coli. P. mirabilis, P. vulgaris dan berbagai strain Staphylococcus.

Indikasi
Infeksi saluran kemih dan kelamin yang disebabkan oleh E. coli. Klebsiella sp, Enterobacter sp, Morganella morganii, Proteus mirabilis, Proteus vulgaris.
Otitis media akut yang disebabkan Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae.
Infeksi saluran pernafasan bagian atas dan bronchitis kronis yang disebabkan Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae.
Enteritis yang disebabkan Shigella flexneri, Shigella sonnei.
Pneumonia yang disebabkan Pneumocystis carinii.
Diare yang disebabkan oleh E. coli.

Dosis
  • 6 minggu – 6 bulan         : 120 mg, 2 kali sehari.
  • 6 bulan – 6 tahun           : 240 mg, 2 kali sehari.
  • 6 – 12 tahun                  : 480 mg, 2 kali sehari.
  • Dewasa dan anak diatas 12 tahun : 960 mg, 2 kali sehari.
Efek Samping
Efek samping jarang terjadi pada umumnya ringan, seperti reaksi hipersensitif, ruam kulit, sakit kepala dan gangguan pencernaan misalnya mual, muntah dan diare.

Kontraindikasi
Penderita dengan gangguan fungsi hati yang parah, insufisiensi ginjal, wanita hamil, wanita menyusui, bayi prematur atau bayi berusia dibawah 2 bulan dan pada penderita yang hipersensitif terhadap trimetoprim dan obat-obat golongan sulfonamida.

Interaksi Obat
Warfarin, hipoglikemia oral, fenitoin, diuretik.

Cara Penyimpanan
Simpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya.

Perhatian
Pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal, dosis harus dikurangi untuk mencegah terjadinya akumulasi obat. Selama pengobatan dianjurkan untuk banyak minum, minimal 1,5 liter sehari. Pada penggunaan jangka panjang sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah secara periodik karena kemungkinan terjadi diskrasia darah.
Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+