-->

Iklan

Slider

CARA MELEPAS DAN MEMASANG TEMPERED GLASS

MieKuah
11 August 2018, August 11, 2018 WIB Last Updated 2018-08-11T12:21:37Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Pada artikel kali ini kita akan membahas cara melepas tempered glass (TG) dengan mudah, serta cara memasang temper glass yang baru (bisa juga pakai temper glass yang lama) disertai gambar-gambar yang bisa membantu. Mengetahui cara lepas dan pasang tempered glass berguna kalau misalnya pada TG yang terpasang sekarang terlihat ada gelembung besar di dalamnya dan terlihat sangat mengganggu. Atau kalau misalnya tempered glass kemasukan debu, dsb.
Sebagai catatan, kalau temper glass milik sobat hanya terdapat gelembung kecil-kecil, maka sobat bisa mencoba mengatasinya dengan minyak goreng.

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Isolasi
  • Plastik tipis
  • Lakban

Prosedur Melepas - Pasang Tempered Glass Handphone

Step 1: Tempel Isolasi Pemandu
Jika sobat ada rencana ingin menggunakan kembali tempered glass yang lama, maka sobat perlu menempelkan isolasi di salah satu sisi tempered glass. Contohnya seperti gambar dibawah, saya menempelkan isolasi di bagian sisi kiri handphone (fotonya terbalik). Tujuannya adalah untuk memudahkan kita saat hendak pasang temper glass-nya lagi. Nanti sobat bisa lihat kegunaannya. Kalau sobat tidak ingin pakai TG yang lama, maka bisa lewati dulu tahap ini.
cara melepas tempered glass mudah
Catatan: Kalau ponsel sobat memiliki pinggiran melengkung, maka isolasinya bisa diletakkan di bagian atas atau bawah handphone.
Step 2: Lepas Tempered Glass
Peralatan yang diperlukan untuk melepasnya adalah kita perlu cari plastik yang sangat tipis, kalau bisa hampir setipis kertas, tapi bahannya kaku. Misalnya plastik bekas box casing hape atau semacamnya.
Kalau seandainya tidak ada, sobat juga bisa gunakan kertas putih yang dilipat agar lebih kaku.
Setelah itu, dengan menggunakan plastik tipis, kita congkel di bagian sisi tempered glass. Kalau seandainya susah dicongkel, apalagi kalau pakai kertas, sobat bisa gunakan kuku untuk mengangkat tempered glassnya sedikit terlebih dahulu.
Setelah itu tinggal masukkan plastik atau kertas ke dalam tempered glass sampai temper glassnya copot.
lepas temper glass gampang banget
Step 3a: (khusus untuk yang mau pasang tempered glass baru)
Kalau sobat mau pakai lagi tempered glass yang lama, berarti sudah melakukan step no. 1 diatas dan bisa lewati tahap ini. Tapi bagi sobat yang mau pakai Tempered Glass yang baru, ini yang harus dilakukan:
  • Sebelum plastik isolasi lem di TG dilepas, posisikan TG diatas handphone pada posisi yang pas.
  • Setelah itu (TG dalam posisi pas), pasang beberapa isolasi seperti gambar pada step 1. Pasang pada satu sisi saja, bebas bisa di kiri, kanan, atas atau bawah, yang penting hanya satu sisi saja. Fungsi isolasi ini adalah agar saat Tempered Glass dipasang nanti, posisinya tidak berubah dan pasti pas.
Step 3b: Bersihkan Layar dan Tempered Glass.
Sebelum kita pasang, kita bisa bersihkan dulu layar handphone dan juga temper glassnya. Kalau ada debu yang membandel, kita bisa gunakan lakban bening untuk membersihkannya. Kalau seandainya mau pakai Tempered Glass yang lama, kita perlu menempelkan lakban bening pada TG-nya.
Fungsinya selain memastikan bersih dari debu, sekaligus membuat TG yang lama tetap dapat lengket dan bisa dipasang di ponsel. Tapi kalau mau pakai yang baru, maka lakban bening tidak perlu ditempel di TG yang baru karena "lem" bawaannya pasti masih bagus.
Step 4: Pasang Tempered Glass
Pada tahap ini, kita tinggal memasang tempered glass dengan cara menempelkannya ke layar handphone dengan gerakan seperti menutup buku, karena tadi kita sudah pasang isolasi pemandunya.

Catatan

Untuk tempered glass yang berharga murah (dibawah 50 ribu), biasanya hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Dalam arti kalau kita mencoba melepasnya, biasanya setelah itu tidak bisa dipasang lagi. Sebenarnya bisa, tapi biasanya akan tidak sebagus seperti sebelumnya.
Hal ini dikarenakan TG yang murah umumnya menggunakan lapisan plastik di bagian bawahnya, sehingga ketika kita mencongkel ujung dari temper glass yang murah, bagian itu sangat mudah sekali rusak seperti contoh pada foto dibawah:
Berbeda dengan Tempered Glass yang berkualitas baik, pada umumnya masih bisa dilepas pasang beberapa kali dan tetap masih berfungsi dengan baik. 

Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+