-->

Iklan

Slider

MENGENANG DAAN MOGOT - MENGENANG DAAN MOGOT* - Pahlawan Nasional TerMuda

MieKuah
29 January 2020, January 29, 2020 WIB Last Updated 2020-01-28T23:41:04Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Gambar mungkin berisi: 1 orang, topi dan teks
Tewas diusia 17 tahun
(25 Januari 1946)

*DAAN MOGOT* atau dengan nama baptis *_Elias Daniel Mogot_* adalah anak ke lima dari tujuh bersaudara.
Lelaki perwira remaja nan rupawan ini lahir di Manado, 28 Desember 1928.
.
Di usia 14 tahun *Daan Mogot* sudah bergabung dengan tentara PETA (Pembela Tanah Air) bentukan Jepang. *Daan Mogot* pula orang yang _menginisiasi_ perlunya didirikan sekolah militer. Bersama _Kemal Idris_ temannya saat masih di Tabanan, Bali, ia _mendirikan_ *Akademi Militer Tangerang* pada tgl 18 November 1945. *Daan Mogot* pula orang yang *pertama kali* menjadi *Direktur Akademi Militer* Tangerang pada saat usianya belum genap 17 tahun dengan pangkat Mayor.

Daan Mogot gugur saat _*Peristiwa Lengkong*_, Tangerang. Bersama 70 Taruna Militer Akademi Tangerang lainya, *Daan Mogot* bertugas melucuti senjata pasukan Jepang yang dipimpin oleh _Kapten Abe_.
Di saat penyerahan Tentara Jepang berlangsung damai, tiba-tiba meletus tembakan yang membuat kedua belah pihak saling kontak senjata.
.
Dalam pertempuran, *Mayor Daan Mogot* terkena peluru pada paha kanan dan dada. *Daan Mogot* yang sudah tertembak musuh, masih sempat memberikan perlawanan meski pada akhirnya tubuhnya di hujani peluru serdadu Jepang.
*Daan Mogot* tutup usia pada tanggal 25 Januari 1946. Hanya sempat sebulan ia merasakan hidup di usia 17 tahun.
Ya, *Daan Mogot* memang mati di usia yang sangat belia. Usia 17 tahun. Bagi anak muda lainnya, usia 17 tahun akan diperingati sebagai masa yang indah. Namun bagi perempuan cantik bernama _Hadjari Singgih_, kekasih *Mayor Daan Mogot*, adalah sebuah pengorbanan yang sangat berarti bagi negeri ini. Kado yang terindah darinya adalah dengan memotong rambutnya yang panjang mencapai pinggang dan mengubur rambut itu bersama jenazah *Daan Mogot*.
.
Untuk menghormati jasa-jasa *Mayor Daan Mogot*, namanya _diabadikan_ menjadi nama jalan yang menghubungkan antara *Tangerang hingga ke Grogol*, Jakarta Barat...
🇲🇨🇲🇨🇲🇨
Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+