-->

Iklan

Slider

VPN ?

MieKuah
18 February 2010, February 18, 2010 WIB Last Updated 2010-02-18T14:47:06Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
From : Kucing Asia

Saya akan sedikit membahas apa itu VPN (Virtual Private Network), VPN adalah sebuah bentuk dari WAN (Wide Area Network). Kunci utama dari VPN, adalah pada kemampuannya menggunakan jaringan public seperti Internet untuk mengakses jaringan lain seolah-olah kita mengakses jaringan local. Misalnya saja ada perusahaan besar yang mempunyai beberapa cabang , tiap-tiap cabang letaknya berjauhan ,komputer client di tiap cabang dapat saling terhubung dengan komputer client di cabang lainnya dengan menggunakan teknologi VPN .VPN nya sendiri menggunakan jalur internet sebagai koneksi .Bisa dibilang teknologi ini dapat menekan biaya perusahaan untuk membangun jalur sendiri sebagai penghubung antar cabang. Bingung ???

Misalnya saja kita mempunyai beberapa komputer yang terhubung ke internet

Dari gambar diatas kita misalkan tiap komputer tidak terhubung ke internet secara langsung ,entah itu behind NAT atau menggunakan proxy , dengan VPN kita dapat membuatnya seolah-olah semua komputer yang ada terhubung secara local seperti gambar di bawah ini

Setelah setiap komputer terhubung melalui jalur VPN , maka tiap komputer dapat mengakses ke komputer lain dengan menggunakan IP yang telah diberikan oleh VPNserver, tidak harus menggunakan IP public atau sejenisnya , hal ini sama persis dengan jaringan local.


Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+